IKIGAI Seorang Intan Dwi; Kenali Apa Yang Kamu Sukai Dan Hidup Bahagia Dengan Ikigai
Intan Dwi Hardiyati, itu adalah nama lengkap saya. Seorang mahasiswa tahun ke dua program studi Manajemen Produksi Media. Yang mana bagi saya program studi ini bukanlah pilihan awal saya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, program studi ini mengantarkan saya pada kesenangan baru yang tidak jauh dari kasenangan lama saya yaitu dalam bidang seni rupa.
Melalui program studi MPM ini saya lebih mengenal dunia media, yang tentunya dekat dengan hal-hal baru bagi saya seperti fotografi, videografi, grafis, menulis, dan output media kreatif lain.Pada tahun kedua saya pada program studi MPM ini, apa yang menjadi kesenangan saya akan dikembangkan berdasarkan teori “ikigai”. Sehingga karir kedepan saya lebih terarah dan menjelaninya dengan penuh kebahagiaan dan keikhlasan.
Bagi saya membuat konten sebuah foto, grafis, maupun video merupakan bagian dari seni. Karenan memenag diawal saya menyukai seni, membuat konten tersebut menyennagkan bagi saya.Dengan mengelola sebuah akun sosial media, saya belajar banyak hal. Tidak hanya sebuah konten tetapi juga konsisitensi dalam penyebaran konten.
Namun dari sekian bentuk konten yang saya buat, bentuk konten foto menjadi konten yang saya paling suka hasilnya. Karena foto merupakan karya seni yang dapat memiliki berbagimakna dari berpagai orang yang mengamatinya. Dan foto menjadi karya senin yang mampu menyimpan banyak kenangan hanya dalam satu sebuah frame gambar.
1. What do we want to accomplish? (Objective
- Persaingan
yang ketat: Dalam industri fashion dan kecantikan, persaingan sangatlah tinggi.
Untuk menonjol di antara pesaing, foto produk yang menarik dan profesional
dapat membuat merek bisnis client, menjadi lebih menonjol dan meningkatkan citra merek client.
- Media sosial dan influencer: Media sosial telah menjadi platform yang penting untuk pemasaran produk fashion dan kecantikan. Foto produk yang menarik dapat dengan mudah dibagikan dan menjadi viral di media sosial, terutama jika dipromosikan oleh influencer dengan banyak pengikut. Ini dapat membantu meningkatkan eksposur dan menarik konsumen baru.
- Permintaan
konten visual: Konsumen fashion dan kecantikan membutuhkan konten visual yang
menarik dan informatif. Dengan menyediakan foto produk berkualitas tinggi, dapat membantu merek dan pelanggan dapat berkomunikasi dengan lebih baik.
2. Who
are we talking to? (Target audience)
- Penduduk desa yang memiliki UKM pria dan Wanita usia 17-56
Pelaku pelaku usaha micro segala bidang (fashion, food, dan jasa)
- Segala
audience yang memerlukan jasa foto product fashion & beauty
3. What
do they think now? (Current position)
- Peningkatan belanja online
Belanja online telah
menjadi tren yang terus berkembang, terutama dalam industri fashion dan
kecantikan. Konsumen lebih sering membeli produk secara online, dan gambar yang
menarik dan informatif sangat penting dalam menginspirasi keputusan pembelian.
- Penjualan cross-platform
Dalam bisnis foto produk
fashion dan foto produk kecantikan, kita dapat menjual hasil fotografi di
berbagai platform online, seperti situs web e-commerce, marketplace, media
sosial, dan aplikasi mobile. Ini memberi kita lebih banyak peluang untuk
menjangkau konsumen potensial.
-
4. What
do we want them to think? (Reinforce position or reposition)
-
Jasa Foto Produk ini
terpercaya, cepat, kreatif, dan aman.
- Jasa Foto Produk ini merangkul UMKM baru
- Jasa Foto Produk ini membranding bangga menggunakan produk local.
- Jasa Foto Produk ini membantu memperkenalkan potensi UMKM dengan jasa foto yang biaya terjangkau
5. Why
should they think this? (Features/benefits)
- Kualitas dan profesionalisme: Menggynakan pengetahuan yang kami miliki tentang pencahayaan, komposisi, dan teknik fotografi lainnya untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang menarik perhatian konsumen.
Memaksimalkan potensi produk: Dengan menggunakan jasa ini, dapat memaksimalkan potensi produk Anda dan meningkatkan daya tarik visualnya.
Efisiensi waktu dan usaha: Mengambil foto produk yang baik membutuhkan waktu dan usaha yang signifikan. Dengan menggunakan jasa foto produk, Anda dapat menghemat waktu dan energi Anda sendiri untuk fokus pada kegiatan bisnis inti Anda, sementara fotografer mengurus semua aspek fotografi.
Peningkatan citra merek: Foto produk yang profesional dan menarik dapat memberikan citra merek yang kuat. Gambar yang baik membantu membangun kepercayaan konsumen dan meningkatkan persepsi tentang kualitas produk dan profesionalisme bisnis yang dimiliki cilent
Penjualan dan konversi yang lebih tinggi: Gambar produk yang menarik dan informatif dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan menggunakan jasa foto produk dapat meningkatkan penjualan dan tingkat konversi, karena gambar yang baik membantu menggambarkan produk dengan lebih baik kepada konsumen potensial.
Konsistensi merek: Jasa foto produk juga dapat membantu menciptakan konsistensi merek dalam gambar produk. Fotografer dapat memastikan gaya, pencahayaan, dan penempatan produk konsisten dalam setiap gambar, sehingga menciptakan tampilan yang seragam di seluruh platform pemasaran bisnis client.
Fleksibilitas penggunaan: Foto produk yang dihasilkan oleh jasa foto dapat digunakan di berbagai platform, seperti situs web, media sosial, katalog, brosur, dan kampanye iklan. Cliet dapat memanfaatkan foto-foto ini untuk berbagai kebutuhan pemasaran bisnis client.
6. What is our message? (How do we say it and show it – what is the one thing?)
Komentar
Posting Komentar